1/13/2010

Adjective (Kata Sifat)





Kata sifat dalam bahasa Inggris secara garis besar dapat diidentifikasikan kedalam dua fungsi, yaitu:

1. Sebagai penjelas kata benda (to modify nouns) : young man, good boy, dsb
2. Sebagai Obyek atau menerangkan kata ganti (pronouns): the book is good, it is lovely, dsb

Kata sifat juga memiliki tingkatan perbandingan yang acap dikenal dengan istilah Adjective Degree of Comparison yang terdiri dari 3 formula yaitu:

1. setara seperti: I am as tall as he is (him)

Disini kata sifatnya tidak memerlukan perubahan sama sekali dan sering diistilahkan sebagai bentuk positive adjective. Demikian juga dengan bentuk negatifnya seperti: I am not as tall as he is.

2. Comparative Adjective

Kata sifat di sini mengalami perubahan bentuk dan terdapat dua bentuk utama yaitu kata sifat beraturan (Regular Adjectives) yang juga terdiri dari dua jenis yaitu cukup menambahkan -er di akhir kata tersebut seperti I am taller than he is.

Namun ada juga kata sifat yang memerlukan kata -more yang ditempatkan di awal kata tersebut yaitu kata sifat yang memiliki dua suku kata atau lebih, seperti Tamara Bleszinsky is more beautiful than Dian Sastro. Bisa juga kita menyusunnya dengan menggunakan kata -less di depan kata tersebut dimana artinya sama namun Subyek dan Obyeknya mengalami perubahan. Untuk kalimat tersebut menjadi: Dian Sastro is less beautiful than Tamara, dsb.

Sementara itu ada juga beberapa kata sifat yang tidak beraturan seperti good menjadi better, bad menjadi worse, far menjadi further dsb, seperti: She is better than he is, dsb.

3. Superlative Adjectives

Untuk perbandingan yang terakhir ini karena ia bersifat paling/ter maka kita memerlukan penambahan article (kata sandang) The di awalnya. Untuk kata-kata sifat yang memiliki satu suku kata saja, kita cukup menambahkan -est dibelakang kata sifat tersebut, seperti: he is the smartest boy in the class, dsb. Sementara untuk kata-kata sifat yang memiliki dua suku kata atau lebih maka kita perlu menambahkan kata Most di depan kata sifat tersebut, seperti She is the most beautiful girl in the class, dsb.

Sedangkan untuk kata-kata sifat yang tidak beraturan maka kita perlu mengingat bentuk perubahannya. Untungnya tidak banyak seperti best, worst, furthest. Contohnya: He is the best teacher I have ever met.

Source: http//nofri-english-online-blogspot.com

No comments:

Post a Comment