1/29/2010

Auxiliary Verbs(Kata-kata Kerja Bantu)





Definisi:

Auxiliary verbs atau sering disebut juga sebagai kata kerja bantu (helping verbs) digunakan bersama-sama dengan kata kerja utama untuk memberikan informasi tata bahasa sehingga memberikan makna tambahan pada kalimat, yang tidak diberikan oleh kata kerja utama.

Kata kerja bantu meliputi To Be: am/is/are/was/were/been/being, Do/does/did, have/has/had. Selain itu, kata-kata berikut juga termasuk dalam kategori ini yaitu: can/could, will/would,may/might, shall/should, must/have to/had to/ought to yang akrab disebut dengan istilah Modal Auxiliaries. akan.

TO Be

Bentuk To Be kata kerja bantu yang paling umum dalam bahasa Inggris yang dapat digunakan sebagai kata bantu dan kata kerja utama.
Auxiliary verbs yang biasa digunakan adalah be, am, is, are, was, were, being, been. Sebagai auxiliary verbs, to be biasa digunakan bersama past participle untuk membuat kalimat passive dan bersama present participle untuk membuat kalimat continuous.

Contoh:
- He is watching TV.
- We are teaching you about helping verbs.
- Small fish are eaten by big fish.
- He was killed in the war.
- The agencies were completing the inventories.
- I will be seeing him soon.
- He had only been trying to help.
- The house is being painted.

To Do

Auxiliary verbs yang digunakan adalah do, does, did. Sebagai auxiliary verbs, to do biasa digunakan bersama-sama kata kerja utama (main verbs) membentuk kalimat pertanyaan atau kalimat negatif. Dan juga dipakai untuk memberikan tekanan atau menghindari pengulangan kata kerja utama. Auxiliary verbs ini dikenal juga dengan istilah dummy operator atau dummy auxiliary.

Contoh:

- Do you like bananas?
- I don't feel like going out tonight.
- Where do you live?
- Don't forget to write.
- It doesn't matter if you win or lose.
- I didn't know what to do.
- What did you do with that notebook?
- He speaks faster than she does.
- I do understand.


To Have

Auxiliary verbs yang digunakan adalah have, has, had. Sebagai auxiliary verbs, to have digunakan bersama main verbs untuk membuat kalimat perfect.

Contoh:
- I have completed my work.
- She has acted in a film.
- They had forgotten to send the letter.
- Our guests have arrived.
- Has anyone phoned?
- I hadn’t seen him for fifteen years.
- Someone should have predicted these complications.

Be, Do, dan Have adalah verba bantu yang menjadi kata kerja tidak beraturan dan dapat digunakan sebagai kata kerja utama. Be, do, dan have juga berfungsi sebagai main verbs atau principal verbs. Perhatikan contoh berikut:

- She is a good musician. (Principal verb)
- She is talking now. (Auxiliary verbs)

1 comment: